Menggunakan Alat Peraga Untuk Menambah Keseruan Dalam Belajar

Alat Peraga Untuk Menambah Keseruan Dalam Belajar

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap anak. Semua tingkat pendidikan mewajibkan anak Indonesia belajar. Proses belajar ini bisa dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Belajar merupakan suatu proses penyaluran informasi dari guru kepada siswa. Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas siswa akan lebih sering bosan. Terlebih lagi jika sistem cara mengajar yang digunakan bersifat monoton dan satu arah. Hal ini tentu akan menyulitkan guru yang mengajar di dalam kelas. Situasi kelas dapat menjadi kurang kondusif. Untuk itu sebaiknya dalam belajar, siswa harus menggunakan alat peraga. Ada banyak jenis alat ini, mulai dari alat yang ada di laboratorium dan di dalam kelas. Contoh peraga yang ada di laboratorium adalah toras, kertas lakmus dan gelas ukur. Sedangkan contoh peraga yang ada di dalam kelas adalah globe, peta dan tabel periodik.

Manfaat Alat Peraga Dalam Proses Belajar

Fasilitas yang lengkap memang sangat membantu bagi siswa dalam proses belajar. Salah satu fasilitas yang wajib disediakan adalah alat peraga. Peraga ini memiliki banyak manfaat untuk memajukan sistem pembelajaran. Apalagi jumlah peraga yang ada di sekolah saat ini bisa dikatakan masih terbatas. Berikut ini akan dijabarkan manfaatnya :

  1. Menjadikan Siswa Paham Materi

Melakukan transfer ilmu itu tidak mudah. Anda harus mampu menjelaskan materi kepada siswa secara baik sehingga siswa akan mengerti. Namun terkadang penjelasan hanya dengan sistem audio (menggunakan suara) akan sulit untuk dipahami. Siswa akan jauh lebih mengerti jika mereka diberi contoh visual langsung. Contoh visual ini akan jauh lebih efektif menggunakan peraga yang tepat.

  1. Membuat Mudah Konsentrasi

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah membuat siswa mudah konsentrasi. Jika guru menjelaskan menggunakan peraga, maka seluruh mata siswa akan fokus pada peraga. Tentu saja hal ini akan berdampak baik, karena siswa bisa lebih konsentrasi. Fokus siswa tidak terpecah ke tempat lain. Apalagi jika guru yang menggunakan peraga pandai menarik perhatian siswa. Berikan kesempatan kepada siswa untuk memakai peraga, sehingga mereka mampu mengingat lebih baik.

  1. Ruang Kelas Jadi Kondusif

Ruang kelas yang rebut dan tidak teratur tentu akan membuat guru menjadi stres. Apalagi jika di dalam kelas terlalu banyak siswa yang sangat aktif beraktivitas. Hindari hal tersebut dengan menggunakan peraga. Peraga ini akan menyedot perhatian mereka, sehingga siswa jauh lebih tenang. Dengan suasana kelas yang tenang, guru akan jauh lebih mudah memberikan materi. Saat siswa sudah menguasai materi, pasti mereka bisa mendapatkan nilai yang tinggi saat ujian. Orangtua siswa juga pasti akan senang dengan prestasi anak mereka yang meningkat.

  1. Memancing Daya Imajinasi

Imajinasi itu sangat penting dalam proses belajar mengajar. Semua orang bisa berimajinasi sesuai kemampuan otak masing-masing. Namun terkadang imajinasi ini harus dirangsang. Salah satu cara yang tepat untuk merangsang imajinasi adalah dengan alat peraga. Misalnya siswa belajar tentang bumi, tentu sulit membuat mereka berimajinasi jika hanya mengatakan bumi itu bulat. Guru dapat menunjukkan globe pada siswa, sehingga siswa mengerti bagaimana bentuk bumi yang sesungguhnya. Hal ini akan membuat imajinasi siswa terlihat lebih nyata dan mendekati keadaan sebenarnya. Mereka tidak hanya sekedar menduga-duga seperti apa bentuk bumi itu.

  1. Menghilangkan Rasa Bosan

Rata-rata siswa menghabiskan waktu belajar di sekolah selama 6 jam sehari. Tentu hal ini bisa membuat mereka jenuh. Rasa bosan itu bisa diatasi dengan menghindari sistem belajar satu arah. Guru bisa memberikan benda peraga pada siswa dan meminta siswa menjelaskan kembali apa yang sudah mereka pahami. Cara ini akan sangat ampuh untuk menghilangkan rasa bosan di ruang kelas. Suasana kelas bisa menjadi aktif dan ceria.

admin