Posted on

7 Macam Alat Untuk Kultur Jaringan Yang Ada Di Laboratorium

Alat Untuk Kultur Jaringan Yang Ada Di Laboratorium

Laboratorium menjadi tempat untuk melakukan berbagai macam tindakan penelitian. Ada banyak sekali jenis tindakan penelitian yang dilakukan di laboratorium. Salah satu kegiatan penelitian yang sering dilakukan adalah kultur jaringan. Kegiatan yang satu ini merupakan cara memindahkan suatu jaringan sel tanaman agar jaringan tersebut bisa tumbuh dan berkembang. Metode seperti ini dilakukan untuk mengembang biakan suatu jenis tanaman. Proses ini harus dilakukan dengan menggunakan bantuan banyak alat. Alat-alat ini bisa dibeli di toko-toko penjual alat laboratorium.

Alat-Alat Untuk Kegiatan Kultur Jaringan

Kultur jaringan sebenarnya bukanlah hal yang baru. Metode penelitian ini sudah banyak dilakukan para peneliti untuk mendapatkan jenis tanaman yang unggul. Kemajuan dalam metode ini dapat membawa dampak yang positif bagi alat pertanian dunia. Berikut ini alat-alat yang digunakan untuk melakukan metode ini secara benar :

  1. Pinset

Pinset yang digunakan dalam metode ini bukanlah pinset sembarangan. Alat pinset ini biasanya disebut dengan pinset dental. Kegunaan dari pinset ini untuk mengambil jaringan tanaman yang sangat sensitif. Jaringan tanaman ini tidak bisa dipegang oleh tangan, sebab ukurannya terlalu kecil. Pinset ini akan membantu memindahkan jaringan yang sifatnya sangat lembut. Sehingga jaringan bisa dipindahkan secara utuh dengan aman.

  1. Timbangan Analitik

Akurasi timbangan jenis ini sangat tinggi. Timbangan ini memiliki standar akurasi 0,01 g. Dalam melakukan penelitian ukuran jaringan yang diambil harus sesuai, tidak boleh lebih atau pun kurang. Itulah mengapa timbangan jenis ini harus digunakan. Tentu saja agar tidak ada salah takar ukuran dalam penelitian ini. Salah takar ukuran dapat menyebabkan akibat yang fatal.

  1. Gelas Ukur

Gelas ukur digunakan untuk mengetahui jumlah volume yang tepat. Pada penelitian ini biasanya menggunakan cairan yang hanya bisa diukur dengan gelas ukur. Gelas ukur ini merupakan peralatan yang wajib ada di dalam laboratorium. Untuk membelinya sangat mudah. Banyak sekali toko khusus alat laboratorium yang menjual alat ini. Gelas ini berbahan dasar kaca dan memiliki ukuran volume pada bagian samping.

  1. Pembakar Bunsen

Alat yang satu ini digunakan sebagai alat pembakaran guna mensterilkan bahan selama proses penelitian berlangsung. Bahan bakar yang digunakan berupa gas dan alkohol  khusus. Penggunaan alat ini harus sangat hati-hati. Nyala api pada pembakar bunsen bisa digunakan sebagai pembunuh kuman pada jarum ose. Pembakar Bunsen biasanya selalu ada di dalam Furniture Laboratorium.

  1. Rak Kultur

Rak kultur merupakan media tempat meletakkan hasil dari kultur yang telah dilakukan. Penggunaan rak ini membantu untuk mengamankan hasil penelitian. Hasil penelitian akan jauh lebih rapi dan bersih. Peneliti dapat mengamati hasil dari percobaan pada rak ini. Rancangan rak ini memberikan keamanan bagi objek yang diteliti. Peneliti cukup dengan meletakkan objek penelitian pada arak kultur.

  1. Pengaduk Kaca

Untuk mengaduk larutan kimia yang ada pada penelitian ini, anda tidak bisa menggunakan sembarangan alat. Alat khusus yang digunakan untuk mengaduk adalah pengaduk kaca. Pengaduk kaca ini tahan terhadap reaksi kimia. Sehingga anda tidak perlu khawatir alat pengaduk akan hancur. Penggunaan alat pengaduk ini juga sebaiknya dengan sarung tangan. Peneliti harus menggunakan sarung tangan, agar ketika melakukan adukan larutan tetap steril. Selain itu, tangan anda juga akan jauh lebih aman dari resiko cedera.

  1. Laminar Airflow

Cara kerja alat yang satu ini dengan menyaring udara. Kontaminasi kotoran dan debu dari udara dapat membawa dampak buruk bagi penelitian. Untuk itu Laminar Airflow akan membantu menyaring udara agar udara jauh lebih bersih. Metode penelitian kultur sangat rentan terhadap kontaminasi. Kontaminasi yang terjadi dapat menyebabkan penelitian ini gagal. Sayang sekali jika penelitian yang anda lakukan harus gagal.

Posted on

Menggunakan Alat Peraga Untuk Menambah Keseruan Dalam Belajar

Alat Peraga Untuk Menambah Keseruan Dalam Belajar

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap anak. Semua tingkat pendidikan mewajibkan anak Indonesia belajar. Proses belajar ini bisa dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Belajar merupakan suatu proses penyaluran informasi dari guru kepada siswa. Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas siswa akan lebih sering bosan. Terlebih lagi jika sistem cara mengajar yang digunakan bersifat monoton dan satu arah. Hal ini tentu akan menyulitkan guru yang mengajar di dalam kelas. Situasi kelas dapat menjadi kurang kondusif. Untuk itu sebaiknya dalam belajar, siswa harus menggunakan alat peraga. Ada banyak jenis alat ini, mulai dari alat yang ada di Lemari laboratorium dan di dalam kelas. Contoh peraga yang ada di laboratorium adalah toras, kertas lakmus dan gelas ukur. Sedangkan contoh peraga yang ada di dalam kelas adalah globe, peta dan tabel periodik ataupun Mesin Bakso.

Manfaat Alat Peraga Dalam Proses Belajar

Fasilitas yang lengkap memang sangat membantu bagi siswa dalam proses belajar. Salah satu fasilitas yang wajib disediakan adalah alat peraga. Peraga ini memiliki banyak manfaat untuk memajukan sistem pembelajaran. Apalagi jumlah peraga yang ada di sekolah saat ini bisa dikatakan masih terbatas. Berikut ini akan dijabarkan manfaatnya :

  1. Menjadikan Siswa Paham Materi

Melakukan transfer ilmu itu tidak mudah. Anda harus mampu menjelaskan materi kepada siswa secara baik sehingga siswa akan mengerti. Namun terkadang penjelasan hanya dengan sistem audio (menggunakan suara) akan sulit untuk dipahami. Siswa akan jauh lebih mengerti jika mereka diberi contoh visual langsung. Contoh visual ini akan jauh lebih efektif menggunakan peraga yang tepat.

  1. Membuat Mudah Konsentrasi

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah membuat siswa mudah konsentrasi. Jika guru menjelaskan menggunakan peraga, maka seluruh mata siswa akan fokus pada peraga. Tentu saja hal ini akan berdampak baik, karena siswa bisa lebih konsentrasi. Fokus siswa tidak terpecah ke tempat lain. Apalagi jika guru yang menggunakan peraga pandai menarik perhatian siswa. Berikan kesempatan kepada siswa untuk memakai peraga, sehingga mereka mampu mengingat lebih baik.

  1. Ruang Kelas Jadi Kondusif

Ruang kelas yang rebut dan tidak teratur tentu akan membuat guru menjadi stres. Apalagi jika di dalam kelas terlalu banyak siswa yang sangat aktif beraktivitas. Hindari hal tersebut dengan menggunakan peraga. Peraga ini akan menyedot perhatian mereka, sehingga siswa jauh lebih tenang. Dengan suasana kelas yang tenang, guru akan jauh lebih mudah memberikan materi. Saat siswa sudah menguasai materi, pasti mereka bisa mendapatkan nilai yang tinggi saat ujian. Orangtua siswa juga pasti akan senang dengan prestasi anak mereka yang meningkat.

  1. Memancing Daya Imajinasi

Imajinasi itu sangat penting dalam proses belajar mengajar. Semua orang bisa berimajinasi sesuai kemampuan otak masing-masing. Namun terkadang imajinasi ini harus dirangsang. Salah satu cara yang tepat untuk merangsang imajinasi adalah dengan alat peraga. Misalnya siswa belajar tentang bumi, tentu sulit membuat mereka berimajinasi jika hanya mengatakan bumi itu bulat. Guru dapat menunjukkan globe pada siswa, sehingga siswa mengerti bagaimana bentuk bumi yang sesungguhnya. Hal ini akan membuat imajinasi siswa terlihat lebih nyata dan mendekati keadaan sebenarnya. Mereka tidak hanya sekedar menduga-duga seperti apa bentuk bumi itu.

  1. Menghilangkan Rasa Bosan

Rata-rata siswa menghabiskan waktu belajar di sekolah selama 6 jam sehari. Tentu hal ini bisa membuat mereka jenuh. Rasa bosan itu bisa diatasi dengan menghindari sistem belajar satu arah. Guru bisa memberikan benda peraga pada siswa dan meminta siswa menjelaskan kembali apa yang sudah mereka pahami. Cara ini akan sangat ampuh untuk menghilangkan rasa bosan di ruang kelas. Suasana kelas bisa menjadi aktif dan ceria.

Posted on

Persediaan Alat Kesehatan Yang Harus Ada Di Dalam Rumah

Alat Kesehatan Yang Harus Ada Di Dalam Rumah

merupakan harta yang paling berharga di dunia ini. Anda pasti tidak ingin jika terjadi sesuatu hal yang buruk dengan keluarga anda. Untuk itu penting sekali untuk menjaga kesehatan keluarga di dalam rumah. Apapun ceritanya mencegah penyakit jauh lebih baik daripada mengobati. Namun ada kalanya sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di dalam rumah. Bisa saja ada anggota keluarga yang sakit, terluka karena alat pertanian atau terkena mesin pencabut bulu ayam. Hal-hal seperti ini terkadang tidak bisa dihindari. Jadilah keluarga yang mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menyediakan alat kesehatan dengan lengkap di dalam rumah. Alat-alat ini sangat berguna demi menjaga kondisi keluarga tetap sehat dan jauh dari penyakit. Ada banyak sekali jenis alat-alat untuk menjaga kesehatan yang bisa diletakkan di dalam rumah.

Alat Kesehatan Yang Wajib Ada Di Rumah

Alat kesehatan sangat penting fungsinya di dalam rumah. Dengan adanya alat-alat ini anda bisa menjamin kesehatan keluarga. Segera beli alat-alat ini di apotek atau toko yang menyediakan alat-alat kesehatan. Berikut ini alat yang berhubungan dengan kesehatan di dalam rumah :

  1. Termometer

Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang. Suhu tubuh yang terlalu tinggi akan dapat membahayakan seseorang. Apalagi pada anak kecil, suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan kejang dan merusak sistem saraf. Oleh karena itu, pastikan termometer selalu ada di dalam rumah. Ada dua jenis termometer yang dapat dibeli di pasaran, yang pertama termometer biasa dan kedua termometer digital. Termometer biasa hanya menggunakan air raksa yang berwarna perak sebagai indikator. Sedangkan pada termometer digital hasil pengukuran suhu tubuh bisa secara otomatis diketahui dari layar kecil.

  1. Kotak P3K

Pastikan di dalam rumah anda tersedia kotak P3K. P3K adalah singkatan dari pertolongan pertama pada kecelakaan. Sesuai namanya, kotak ini berisi alat-alat yang bisa digunakan saat terjadi kecelakaan kecil. Kecelakaan dapat terjadi di rumah, seperti jatuh dari sepeda, tangan terpotong pisau dan terkena minyak panas saat menggoreng ikan. Semua luka yang didapat bisa diberi pertolongan pertama dengan isi dari kotak P3K. Kotak ini sebaiknya diisi dengan obat antiseptik, plester luka, perban kecil dan alkohol.

  1. Lemari Obat

Berbeda dengan kotak P3K, lemari obat berisi obat-obatan penting. Obat-obatan penting ini harus selalu tersedia di dalam rumah. Simpan dengan rapi dan bersih obat-obat ini di dalam lemari obat. Isi dari lemari ini adalah obat sakit kepala, obat penurun demam, obat diare dan obat maag. Obat-obatan ini merupakan obat untuk sakit yang biasa dialami pada anggota keluarga. Sediakan juga balsam dan minyak gosok pada lemari obat.

  1. Timbangan Berat Badan

Berat badan menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Jika berat badan seseorang tidak normal tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu pastikan berat badan keluarga anda terjaga dengan menyediakan timbangan berat badan. Timbang berat bada setiap anggota keluarga secara berkala. Hal ini juga sangat penting dilakukan bagi anggota keluarga yang melakukan program diet. Kenaikan berat badan sedikit saja dapat berpengaruh pada kesehatan mereka yang sedang diet ketat. Selain itu rajin menimbang berat badan juga bagus untuk mengontrol jumlah lemak yang ada dalam tubuh.

  1. Alat Pengukur Gula Darah

Bagi keluarga yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya selalu menyediakan alat ini. Alat pengukur gula darah berguna mengontrol kadar gula darah. Sehingga ketika kadar gula darah tinggi anda langsung bisa memberi tindakan. Anda bisa langsung pergi ke dokter untuk meminta solusi. Kadar gula darah yang sangat tinggi dapat memicu diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang wajib dihindari sejak dini, terutama bagi keluarga anda.

Posted on

Kultur Jaringan | AlatLaboratoriums.com

Kultur Jaringan | AlatLaboratoriums.com

kultur jaringan – yang terdiri dari dua kata, yaitu kultur yang artinya budidaya sedangkan jaringan yang artinya adalah sekumpulan sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama. Jadi kultur jaringan adalah suatu upaya dalam membudidayakan sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan juga fungsi yang sama dalam suatu tanaman, sehingga akan menjadi varietas tanaman baru yang lengkap. PD. karya Mitra Usaha

kultur jaringan

Kultur jaringan diperoleh dengan mengisolasi bagian-bagian dari suatu tanaman tertentu yang biasa di ambil dengan menggunakan alat pertanian dan Mesin sawit, seperti mata tunasnya, daunnya, dan lain-lain, kemudian menumbuhkan jaringan tersebut dalam suatu wadah tertutup serta tembus cahaya dan menggunakan prinsip yang aseptic (steril), sehingga tanaman tersebut dapat beregenerasi menjadi varietas tanaman baru yang lengkap.

Jaringan yang dipakai untuk kultur jaringan sebaiknya adalah jaringan meristem, yakni jaringan muda dari tanaman yang masih aktif membelah, dindingnya tipis, memiliki plasma penuh, dan memiliki vakuola yang kecil-kecil. Penggunaan sebuah jaringan meristem akan dapat memaksimalkan hasil akhir dari kultur tersebut.

Proses dari kultur jaringan sebenarnya sudah lama dilakukan. Pertama kali penggunaan kultur aringan diuji coba oleh Gottlieb Haberland dengan memakai tanaman mesofil yang teradapat pada tumbuhan monokotil. Teknik yang dipakai dalam melakukan proses kultur jaringan yakni  melalui pertumbuhan tanaman dengan cara vegetative/menggunakan alat Laboratorium Pertanian, yaitu menggunakan suatu irisan bagian dari tanaman/sel/jaringan yang diambil kemudian diletakkan dan dipelihara ke dalam dua media, yaitu media padat serta media cair.

Jenis-jenis kultur jaringan sesuai dengan jaringan yang dipilih dalam melakukan cultur jaringan:

  • Kultur Jaring Polen : yaitu jenis cultur jaringan yang memakai serbuk sari sebagai eksplannya (jaringan yang digunakan untuk melakukan kultur).
  • Kultur Jaring Embrio : yaitu jenis kultur yang memanfaatkan dari bagian tanaman yang berupa embrio tanaman, contohnya misal embrio dari kelapa kopyor.
  • Kultur Jaring Protoplas : yaitu jenis kultur yang menggunakan sel dari jaringan hidup dengan tanpa dinding sebagai eksplannya.
  • Kultur Jaring Kloroplas : yaitu jenis kultur yang memakai kloroplas (sel hijau) suatu tumbuhan dalam membuat tanaman/varietas baru yang lengkap.

Kultur Jaringan Alat Lab | AlatLaboratoriums.com

  • Kultur Jaring Meristem : yaitu jenis kultur yang memakai bagian dari tanaman yang berupa jaringan muda yang masih aktif membelah (meristem) sebagai eksplan kultur.
  • Kultur Jaring Enter : yaitu sebuah jenis cultur jaringan yang memakai bagian dari tanaman yang berupa kepala sari yang digunakan sebagai eksplan.

Syarat-Syarat Dalam Melakukan Teknik Kultur Jaringan

  • Pemilihan Eksplan, yaitu mengambil suatu jaringan untuk dilakukan kultur dan yang digunakan merupakan jaringan muda yang masih tetap aktif membelah. Sehingga nantinya dapat membantu dalam perkembangan jaringan selanjutnya yang nantinya akan tumbuh menjadi tanaman yang
  • Pemilihan Media, yaitu pemilihan media yang baik serta cocok untuk digunakan sebagai media kultur jaringan adalah media yang menyediakan semua macam nutrisi bagi proses dalam pertumbuhan jaringan. misalnya seperti vitamin dan mineral, sumber karbohidrat yang cukup, dan zat pengatur hormone.
  • Pemilihan Lingkungan, yaitu memiliki keadaan lingkungan yang baik dan memenuhi syarat-syarat aseptic sebagai pedoman/prinsip dari suatu kultur jaringan. Yang berarti semua tahapan yang digunakan dalam proses kultur harus steril. Hal ini memiliki tujuan untuk menghindari terkontaminasi dengan kuman maupun bakteri. Sterilisasi eksplan dan juga medianya dapat dikerjakan dalam laminar air flow. Tempat penyimpanannya juga harus terus diperhatikan, yakni tempat yang mempunyai suhu, pencahayaan, serta pengaturan udara yang baik.

Manfaat Dari Kultur Jaringan

  • Dapat menciptakan sebuah tanaman baru yang terbebas dari kontaminasi dari penyakit atau virus dan bakteri.
  • Dapat melestarikan suatu tanaman yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya.
  • Dapat memproduksi sebuah tanaman baru dalam waktu yang singkat.
  • Pengerjaannya tidak terpengaruh oleh
  • Untuk menciptakan suatu varietas tanaman baru melalui rekayasa genetik.
Posted on

Alat Peraga Sebagai Sarana Pembelajaraan

Alat Peraga Sebagai Sarana Pembelajaraan

Alat Peraga – Di dalam dunia pendidikan tentulah Anda akan mengenal tentang peralatan peraga pembelajaran. Dalam pembelajaran ini merupakan alat yang sangat penting dan juga berpengaruh. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan alat peraga pembelajaran itu?. Pengertian dari alat pembelajaran yaitu media peraga dalam media pendidikan yang mengandung atau membawakan ciri yang berkaitan dengan konsep dari materi yang sedang dipelajari.

alat peraga

Alat itu sendiri merupakan beberapa alat berupa benda kongkret yang dirancang dan secara sengaja untuk digunakan dalam membantu menanamkan serta mengembangkan konsep-konsep yang terdapat dalam suatu mata pelajaran tertentu. Dengan menggunakan alat peraga, hal-hal yang bersifat abstrak dapat disajikan ke dalam bentuk/model-model berupa benda konkret yang dapat dilihat serta dipegang secara langsung sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah untuk difahami.

Fungsi utama dalam penggunaan peralatan peraga dalam suatu pembelajaran adalah untuk menurunkan tingkat keabstrakkan konsep supaya siswa dapat menangkap arti dari konsep tersebut, dapat menguasai materi yang sedang dipelajari dan mampu mempraktikkan kembali ke dalam konteks yang nyata.

Dengan melalui penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, maka di samping para siswa jadi lebih mudah dalam memahami suatu materi yang sedang dipelajari, gurunyapun akan jadi lebih mudah dalam menjelaskan/mengkomunikasikan/menyampaikan materi tersebut kepada para siswanya, tidak terkecuali untuk semua jenis materi pembelajaran yang sifatnya abstrak.

Alat peraga pembelajaran Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa alat peraga dalam pembelajaan merupakan suatu alat yang secara khusus dirancang guna memudahkan dalam proses belajar dan mengajar, sehingga nantinya hasil dari pembelajaran yang diperoleh akan menjadi lebih maksimal. Sedangkan tujuan dari penggunaan suatu alat peragaan pendidikan itu sendiri masing-masing sangat bervariasi, yaitu :

Alat Peraga Pembelajaran

  • Membuat proses pendidikan jadi lebih efektif melalui cara meningkatkan semangat dan antusiasme para siswa dalam pembelajaran.
  • Para siswa dapat belajar dengan memiliki banyak kemungkinan sehingga saat pembelajaran sedang berlangsung sangat menyenangkan bagi para siswa.
  • Mampu membuat para siswa agar jadi lebih mudah dalam memahami dan menguasai tentang materi yang sedang dipelajari
  • Memudahkan guru-guru dalam penyampaian materi pembelajaan untuk para siswa melalui bahasa yang lebih mudah untuk dapat diterima.
  • Menghindarkan dari sebuah bentuk kegiatan pembelajaran yang hanya bersifat verbalisme yang cenderung akan lebih membosankan serta kurang efektif.

Dalam menggunakan alat peraga pembelajaran dengan cara yang efektif terbukti mampu meningkatkan kualitas dari suatu kegiatan pembelajaran. Sehingga hasilnyapun menjadi lebih maksimal. Tetapi harus diketahui juga bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran tentunya harus diimbangi dengan adanya SDM yang berkualitas supaya pemanfaatan peralatan peraga yang ada bisa menjadi lebih optimal. Jika tidak, maka keberadaan dari alat-alat peraga pembelajaran ini nantinya akan jadi hal yang sia-sia.

Namun yang penting untuk diingat bahwa dalam pengadaan alat peraga untuk pembelajaran ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Anda tentunya juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa faktor. Diantaranya adalah dengan memilih jenis alat peragaan pendidikan yang tentunya relevan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada para siswa. Mengutamakan kualitas suatu alat peraga. Perhatikan juga mengenai cara penggunaan peralatan peraga agar mudah dan dapat dipahami oleh siswa. Mempertimbangkan dari segi harga yang harus disesuaikan dengan anggaran yang masih tersedia, serta masih banyak pertimbangan-pertimbangan penting lainnya.

Untuk dapat menemukan penawaran mengenai peralatan peraga pendidikan yang relevan dan berkualitas bagus. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih supplier yang dapat dipercaya. Juga terlebih dahulu pastikan bahwa Anda hanya mempercayakan pemenuhan kebutuhan alat ini kepada pd. karya mitra usaha yang mampu memberikan produk berkualitas. Harga relatif murah serta memiliki pelayanan yang  professional.

Posted on

Alat Lab Untuk Laboratorium Kimia

Alat Lab Untuk Laboratorium Kimia

Alat LabAlat Lab – kimia biasa digunakan untuk kepentingan penelitian atau sebagai uji coba praktek anak sekolah SMA biasanya di jurusan IPA, Alat Laboratorium Kimia memiliki banyak jenisnya tergantung apa yang mau diteliti dan keperluan alat apa yang diperlukan. PD. Karya Mitra Usaha memiliki segudang Alat Lab yang bisa memenuhi kebutuhan dalam jumlah banyak ataupun sedikit. Banyak sekali jenis-jenis alat laboratorium kimia seperti :

Cawan petri, terbuat dari plastik atau kaca merupakan sebuah wadah bundar yang digunakan untuk membiakan sel. Alat ini biasa digunakan untuk mengkultur bakteri, khamir, spora atau biji-bijian. Untuk kultur bakteri cawan petri plastik bisa dimusnahkan agar terhindar dari efek buruk.

Labu ukur, ini merupakan sebuah wadah yang memiliki kapasitas antara 5mL sampai 5L. Dengan Furniture Lab ini digunakan untuk tempat mengaduk zat tertentu hingga zat tersebut tercampur.

Tabung reaksi, intrumen ini sama sperti labu ukur yang berbahan gelas tapi berbentung tabung panjang. Tabung ini biasa digunakan untuk wadah zat yang berkepentingan penelitian laborat karena tabung ini digunakan untuk mendidikan zat. Dan biasanya tabung ini menjadi satu paket dengan klem atau penjepit tabung untuk membawa tabung tersebut selama proses pemanasan.

Pipet ukur, digunakan sebagai alat penetes cairan kimia yang biasanya diteteskan dicawan petri. Dengan Alat Lab ini dugunakan sebagai tempat mnaruh objek penelitian yang kecil sehingga membutuhkan microskop untuk melihatnya.

Semua alat-alat Lab mempermudah pekerjaan penelitian di laboratorium mulai penelitian kecil sampai besar yang mungkin berbahaya dan membutuhkan alat Lab yang lebih mahal karena bahan-bahan alat Laboratorium memiliki bahan yang tahan panas karena proses penelitian laborat dituntut harus melalui proses pendidihan. Alat laboratorium Kimia yang PD. Karya Mitra Usaha sediakan memiliki Mutu atau kualitas no1 dan harga yang terjangkau. PD. Karya Mitra Usaha yang bertempat di ruko taman yasmin ring road utara No 134 menyediakan bermacam-macam mulai dari Alat Laboratorium Air, Alat Laboratorium Tanah seperti Marka Jalan

Posted on

Alat Peraga SMK Terlengkap Untuk Siswa Kejuruan

Alat Peraga SMK Terlengkap Untuk Siswa Kejuruan

Alat peraga SMKAlat peraga SMK – merupakan suatu alat/media yang dipakai dalam menunjang proses pembelajaran gunanya supaya lebih efektif dan efisien  sehingga diharapkan nantinya dapat mencapai hasil pembelajaran secara maksimal. Umumnya alat peraga SMK itu sama dengan alat peraga yang ada pada umumnya, bedanya hanya alat peraga yang dipakai di sekolah menengah kejuruan ini lebih cenderung bersifat kinestetik, yaitu dimana dalam pemakaian alat peraga ini akan melibatkan para siswanya dalam mengamati/memodifikasi alat peraga tersebut.

Ini karena di sekolah menengah kejuruan tersebut siswa diharapkan agar tidak hanya mampu menguasai materi tetapi juga mempunyai pengalaman fisik. Sehingga nantinya mereka akan lebih siap dan lebih mampu untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dari sekolah ke dalam konteks sebenarnya. Dengan demikian nantinya akan sesuai dengan tujuan pendidikan sekolah kejuruan. Yakni membekali para siswanya dengan ilmu serta keterampilan yang sesuai dengan bidang kejuruan yang mereka pilih supaya lebih siap untuk terjun dan berkompetisi di dalam dunia kerja setelah lulus nantinya.

Pada sekolah kejuruan, metode pengajaran yang dipakai memang lebih cenderung kepada pembelajaran metode kinestetik, ini tentunya berbeda dengan sekolah menengah atas yang ada dan lebih cenderung menggunakan metode pembelajaran kognitif. Itulah yang kemudian dalam Sekolah menengah kejuruan lebih banyak membutuhkan banyak media/alat praktek dibandingkan sekolah lain pada umumnya.

Pemakaian alat peraga SMK diharapkan untuk membuat para siswa lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan oleh para guru. Terutama dalam materi pelajaran yang sifatnya abstrak serta tidak mudah untuk dipahami. Sebagaimana alat peraga sekolah pada umumnya, alat peraga untuk siswa SMK ini telah dirancang untuk dapat dipergunakan dalam berbagai tujuan dan manfaatnya dapat membantu memudahkan siswa menerima pelajaran yang bersifat abstraksi.

Penggunaan Alat Peraga Sekolah Menengah Kejuruan

Sekolah menengah kejuruan atau lebih dikenal dengan nama SMK merupakan jenjang sekolah yang memiliki berbagai bidang kejuruan. Siswa SMK tersebut juga dibekali dengan suatu keterampilan khusus yang dapat membuatnya memiliki kompetensi dan siap untuk menjadi seorang entrepreneur atau seorang professional dalam bidangnya.

Meskipun terdapat banyak sekali perbedaan di dalam metode pembelajaran dan juga paket studi yang ada di sekolah menengah kejuruan. Namun intinya perkembangan kognitif antara siswa SMK dan SMA itu sama. Mereka memiliki kemampuan untuk dalam berpikir secara abstrak dan juga mampu menalar setiap informasi yang diterimanya sehingga mampu menarik kesimpulan.

Namun jenjang pendidikan SMK memiliki kurikulum yang lebih menekankan kepada siswanya agar dapat menguasai kecakapan serta keterampilan yang sesuai dengan kejuruan yang mereka pilih/sesuai dengan minat dan bakat siswa dan biasanya di sekolah juga banyak yang sekali Alat olahraga. Sehingga penalaran dari informasi/materi yang diterima saja tentu tidaklah cukup. Melainkan juga tentumya harus didukung dengan interaksi para siswa terhadap lingkungannya sehingga nantinya dapat menciptakan pengalaman fisik. Menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif para siswa itu sendiri. Semakin sering siswa dalam melakukan interaksi aktif dengan kesehatan lingkungannya atau suatu objek. Tentunya akan semakin besar pula peluang penguasaannya terhadap ilmu/materi yang sedang dipelajari.

Sekolah menengah kejuruan pada umumnya menawarkan banyak program kejuruan dimana siswanya diberi kebebasan dalam memilih serta menyesuaikan program kejuruan yang akan dipilihnya sesuai dengan bakat dan minat para siswa. Misalnya program kejuruan teknik mesin, program kejuruan teknik otomotif. Program kejuruan tata busana, program kejuruan kecantikan, program kejuruan perkantoran, program kejuruan perikanan, program kejuruan kelautan dan sebagainya.

Dengan penggunaan alat peraga secara tepat, efektif, efisien serta optimal diharapkan nantinya akan dapat memberikan hasil pembelajaran secara optimal. Untuk itu AlatLaboratoriums.com menyediakan/pemasok Alat-alat Lab atau pun Alat Peraga Bomb Calory Meter.

Posted on

Alat Kesehatan Sebagai Peralatan Medis

Alat Kesehatan Sebagai Peralatan Medis

Alat Kesehatan –  Apa sih yang dimaksud dengan alat kesehatan itu? Apakah itu berupa suntikan, obat, alat-alat yang digunakan oleh seorang dokter? Alat kesehatan atau biasa disingkat Alkes yang juga dapat disebut dengan Medical Instruments, adalah berupa barang, instrumen, alat termasuk didalamnya tiap komponen, bagian/perlengkapan yang diproduksi, diperjualbelikan atau dimaksudkan serta digunakan dalam sebuah penelitian dan juga digunakan perawatan kesehatan, diagnosis untuk penyembuhan, pencegahan penyakit, kelainan keadaan dari badan atau gejalanya lainnya pada manusia dan yang tidak termasuk golongan obat.Alat KesehatanPengertian dari ALKES seperti yang dimaksudkan diatas masih merupakan bentuk pengertian secara dasar di dalam ilmu kesehatan namun juga telah memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari pada alat kedokteran itu sendiri. Maksudnya di dalam alat-alat kesehatan itu telah terbagi dalam beberapa macam golongan yang sesuai dengan fungsi, sifat, kegunaan, lama pemakaian serta menurut bentuknya.

Berikut ini penjelasan mengenai penggolongan alat-alat kesehatan, diantaranya :

  • Menurut fungsi alat kesehatan

Contoh peralatan medis, seperti : X-Ray, ICU/ICCU, Obgyn, Kardiologi serta utensilie semacam alat pembalut, alat urinal, alat kateter dan sebagainya.

Contoh peralatan non medis, seperti : generator, tempat laundry, dapur untuk memasak, dan sebagainya.

  • Menurut sifat alat kesehatan

Menurut sifat pemakaiannya terbagi menjadi dua, yakni peralatan yang habis sekali pakai (consumable) dan perlatan yang dapat digunakan secara kontinyu/terus-menerus.

  • Menurut kegunaan

Menurut kegunaannya alat-alat kesehatan terbagi- bagi lagi sesuai dengan kekhususan dalam penggolongan, misalnya seperti peralatan bedah, obgyn, orthopedi, THT ataupun peralatan lainnya.

  • Menurut lama pemakaian

Peralatan kesehatan yang dipakai namun tidak memerlukan pemeliharaan/yang hanya sekali pakai (disposable) maupun yang habis terpakai (consumable), misalnya seperti alat suntik, alat pincet, gunting, alat bedah, dan sebagainya.

Peralatan kesehatan yang telah berumur 5 tahun, misalnya seperti peralatan di laboratorium, peralatan dalam ruang bedah dan sebagainya.

Peralatan kesehatan yang telah berumur lebih dari 5 tahun, misalnya seperti peralatan strilisasi, alat sinar X-Ray dan lain sebagainya.

Peralatan Kesehatan Sebagai Peralatan Medis

  • Menurut bentuk kegunaan Peralatan kesehatan

Peralatan kesehatan yang bentuknya kecil seperti peralatan bedah, perlatan THT, jarum-jarum suntik, peralatan gigi, peralatan kateter dan lain sebagainya.

Peralatan perlengkapan yang ada di rumah sakit seperti misalnya meja operasi, autoclove, sterilizer dan lain sebagainya.

Peralatan laboratorium, seperti misalnya reagens, gelas ukur dan lain sebagainya.

Peralatan radiologi, seperti misalnya scanner, alat sinar X-Ray, dan lain sebagainya.

  • Sedangkan menurut cara penyimpanannya, penggolongan dari alat-alat kesehatan ini terbagi lagi menjadi :

Peralatan Perawatan Kesehatan.

Peralatan Kedokteran Gigi.

Peralatan Optik.

Peralatan Kedokteran.

Peralatan Laboratorium.

Peralatan Bedah.

Peralatan Bedah Tulang.

Peralatan Kedokteran Hewan dan lain sebagainya.

Demikian Artikel tentang Alat kesehatan semoga bisa bermanfaat bagi khalayak ramai, untuk konsul atau pun informasi lebih jauh langsung aja ke 0815 9935009 dan untuk anda yang sedang mencari atau membutuhkan marka jalan, anda juga bisa menghubungi kami.

Posted on

Alat Kesehatan Lingkungan Untuk Menunjang Keseimbangan Ekologis

Alat Kesehatan Lingkungan Untuk Menunjang Keseimbangan Ekologis

Alat Kesehatan Lingkungan – Arti dari kesehatan lingkungan ialah adanya suatu keseimbangan ekologis yang dipastikan ada antara manusia dengan lingkungan disekelilingnya agar mampu menjamin keadaan yang sehat dari manusia.

alat kesehatan lingkungan
alat laboratorium air

Menurut Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) terdapat 17 ruang lingkup dalam kesehatan lingkungan, yakni :

  1. Penyediaan terhadap kebutuhan air minum.
  2. Pengelolaan yang baik dari air buangan dan pengendalian terhadap pencemaran.
  3. Pembuangan sampah padat yang baik.
  4. Pengendalian terhadap vektor penyakit.
  5. Pencegahan serta pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia/limbah manusia.
  6. Higienis terhadap makanan, termasuk higienis terhadap susu.
  7. Pengendalian terhadap pencemaran udara.
  8. Pengendalian terhadap radiasi.
  9. Kepedulian terhadap kesehatan kerja.
  10. Pengendalian terhadap tingkat kebisingan.
  11. Tersedianya perumahan dan pemukiman yang baik dan sehat.
  12. Aspek terhadap kesehatan lingkungan dan juga transportasi udara.
  13. Perencanaan dan pengelolaan daerah dan perkotaan.
  14. Pencegahan terjadinya kecelakaan.
  15. Tersedianya tempat rekreasi umum dan pariwisata.
  16. Tindakan-tindakan terhadap sanitasi yang berhubungan langsung dengan adanya suatu epidemi/wabah penyakit, bencana alam dan juga perpindahan penduduk
  17. Tindakan pencegahan yang diperlukan guna menjamin lingkungan.

Pengadaan sanitasi yang baik merupakan usaha terhadap pengendalian beberapa faktor-faktor lingkungan fisik dari manusia yang mungkin akan dapat menimbulkan hal-hal yang merugikan bagi perkembangan fisik/tubuh, kesehatan badan serta daya tahan hidup manusia. Masalah yang ada dalam kesehatan lingkungan merupakan suatu masalah kompleks yang dalam mengatasinya dibutuhkan integrasi penuh dari berbagai sektor yang terkait.

Alat Kesehatan, Masalah Kesehatan Lingkungan

Di Indonesia sendiri permasalahan yang ada dalam Alat kesehatan lingkungan ini, antara lain :

  • Ketersediaan Air Bersih, masih kurangnya ketersediaan air bersih terutama di saat menghadapi musim kemarau panjang.
  • Pembuangan Kotoran/Tinja, masih banyaknya masyarakat yang membuang kotoran/tinjanya langsung ke sungai-sungai yang menjadikan sungai terpolusi dan tidak sehat.
  • Kesehatan Pemukiman, masih banyaknya pemukiman-pemukiman kumuh yang tidak tertata dengan rapi sehingga dapat menggangu kesehatan para penghuni pemukiman tersebut.
  • Pembuangan Sampah, masih banyaknya masyarakat Indonesia yang kurang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kebersihan dilingkungannya dengan membuang sampah tidak pada tempatnya, miisalnya membuang sampah langsung kesungai hingga mengakibatkan sungai tercemar dan dapat mengganggu kelancaran air sungai pada saat musim penghujan tiba hingga mengakibatkan sungai tersumbat yang dapat menyebabkan banjir.
  • Serangga Dan Binatang Pengganggu, adanya kekurangbersihan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan juga dapet mengundang serangga seperti lalat dan binatang penggangu seperti tikus yang dapat menyebabkan timbulnya berbagi penyakit seperti diare dan juga leptospirosis.
  • Makanan Dan Minuman, masih banyaknya makanan dan minuman yang masih diolah dengan tidak higienis, misalkan dalam memasak tidak terlebih dahulu mencuci tangan ataupun mencuci bahan makanan sebelum dikonsumsi, dan juga minum dari air yang belum dimasak sempurna, yang nantinya dapat menyebabkan penyakit perut/penyakit lainnya.

Pencemaran yang terdapat di lingkungan diantaranya pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara. Untuk itu masyarakat diharapkan dapat menjaga dan melestarikan lingkungan baik lingkungan alat pertanian seperti perebah sapi maupun lingkungan alam yang lain. Dengan demikian kerugian terhadap potensi terjadinya suatu penyakit maupun akibat buruk lainnya dapat dihindari/diminimalisir, bukan hanya untuk diri pribadi saja namun juga untuk kepentingan bersama.

Posted on

Alat Laboratorium Air Beserta Kegunaanya

Alat Laboratorium Air Beserta Kegunaanya

alat laboratorium airAlat Laboratorium Air – Alat laboratorium air banyak sekali kegunaanya bagi manusia, salah satu kebutuhan utama karena 70% tubuh manusia terdiri dari air, alatlaboratoriums.com menyediakan alat laboraturium air diperuntukan oleh mereka yang berkerja dalam bidang laboratori. Air juga bermanaat  bagi lingkungan sekitar yang seperti hewan tumbuhan bacteria semua membutuhkan air untuk hidup karena komposisi bumi sendiri terdiri dari 80% air. Berikut kami jabarkan kegunaan air menurut kebutuhan sehari-hari :

  • Keperluan rumah tangga, untuk mandi, masak, minum, mencuci pakaian.
  • Keperluan di tempat umum, biasanya digunakan oleh petugas kebersihan untuk membersihkan jalan setelah ada acara-acara tertentu.
  • Keperluan untuk di dunia industri, biasanya digunakan untuk daya pembangkit yang menggunakan air.
  • Keperluan pedagang atau perdagangan, biasa dipakai untuk hotel, restoran.

Air dibedakan kegunaanya tergantung untuk siapa dan digunakan untuk apa air itu sendiri. Contohnya untuk konsumsi manusia pH yang dianjurkan oleh EPA (Environmental Protection Agency) adalah 7, atau biasanya kita dianjurkan berada di pH 6,5 – 8,5 oleh sebab itu produsen-produsen air minum membutuhkan Alat Laboratorium Air untuk mengecek berada dimanakan pH air yang aman untuk dikonsumsi atau bisa digunakan di industri-industri yang memerlukan alat-alat lab seperti

Water Sampler adalah pengambilan sample dari sumber yang berbeda yang nantiya akan di identifikasi apa saja kandungan-kandungan yang ada di dalam air tersebut.

BOD Meter atau disebut Biochemical Oxygen Demand adalah suatu alat untuk mengukur berapa kadar oxygen yang terlarut yang diperlukan sebuah microorganisme untuk menguraikan bahan organik dalam kondisi aerobik.

Refraktometer, adalah alat laboratorium air yang bisa mengukur kadar gula, protein dan garam pada bahan atau zat. Kadar zat yang terlarut dari bahan yang kita identifikasi merupakan zat atau bahan air.

Alat Laboratorium Air yang berguna buat pekerjaan dimana pun

Alat Laboratorium air yang kami sediakan antara lain sebagai berikut :
–  Ph Meter
–  Conductivity monitor
–  ORP Meter
–  Disolved Oxygen Meter ( DO Meter )
–  Turbidity Meter
–  Salinity Meter
–  Temperature Meter
–  BOD Meter
–  COD Meter
–  Spectrophotometer
–  Laboratory Oven
–  Hot Plate Stirrer
–  Magnetic Stirrer
–  Laboratory Incubator
–  Water Sampler
–  Plankton Net
–  Current Meter
–  Depth Sounder
–  Water Test Kit

Anda bisa mencari alat laboratorium air yang kami sediakan di alatlaboratoriums.com karena kami menyediakan macam-macam alat laboratorium mulai dari pertanian, peternakan, mikrobiologi, meteorologi dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut tentang alat laboratorium air seperti detail spesification, drawing, brocure, penawaran harga dapat menghubungi kami di  karyamitrausaha@yahoo.com dan untuk anda yang membutuhkan Ring basket portable atau Railing Systemrph silahkan hubungi kami