Persediaan Alat Kesehatan Yang Harus Ada Di Dalam Rumah

Alat Kesehatan Yang Harus Ada Di Dalam Rumah

merupakan harta yang paling berharga di dunia ini. Anda pasti tidak ingin jika terjadi sesuatu hal yang buruk dengan keluarga anda. Untuk itu penting sekali untuk menjaga kesehatan keluarga di dalam rumah. Apapun ceritanya mencegah penyakit jauh lebih baik daripada mengobati. Namun ada kalanya sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di dalam rumah. Bisa saja ada anggota keluarga yang sakit, terluka dan kecelakaan. Hal-hal seperti ini terkadang tidak bisa dihindari. Jadilah keluarga yang mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menyediakan alat kesehatan dengan lengkap di dalam rumah. Alat-alat ini sangat berguna demi menjaga kondisi keluarga tetap sehat dan jauh dari penyakit. Ada banyak sekali jenis alat-alat untuk menjaga kesehatan yang bisa diletakkan di dalam rumah.

Alat Kesehatan Yang Wajib Ada Di Rumah

Alat kesehatan sangat penting fungsinya di dalam rumah. Dengan adanya alat-alat ini anda bisa menjamin kesehatan keluarga. Segera beli alat-alat ini di apotek atau toko yang menyediakan alat-alat kesehatan. Berikut ini alat yang berhubungan dengan kesehatan di dalam rumah :

  1. Termometer

Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang. Suhu tubuh yang terlalu tinggi akan dapat membahayakan seseorang. Apalagi pada anak kecil, suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan kejang dan merusak sistem saraf. Oleh karena itu, pastikan termometer selalu ada di dalam rumah. Ada dua jenis termometer yang dapat dibeli di pasaran, yang pertama termometer biasa dan kedua termometer digital. Termometer biasa hanya menggunakan air raksa yang berwarna perak sebagai indikator. Sedangkan pada termometer digital hasil pengukuran suhu tubuh bisa secara otomatis diketahui dari layar kecil.

  1. Kotak P3K

Pastikan di dalam rumah anda tersedia kotak P3K. P3K adalah singkatan dari pertolongan pertama pada kecelakaan. Sesuai namanya, kotak ini berisi alat-alat yang bisa digunakan saat terjadi kecelakaan kecil. Kecelakaan dapat terjadi di rumah, seperti jatuh dari sepeda, tangan terpotong pisau dan terkena minyak panas saat menggoreng ikan. Semua luka yang didapat bisa diberi pertolongan pertama dengan isi dari kotak P3K. Kotak ini sebaiknya diisi dengan obat antiseptik, plester luka, perban kecil dan alkohol.

  1. Lemari Obat

Berbeda dengan kotak P3K, lemari obat berisi obat-obatan penting. Obat-obatan penting ini harus selalu tersedia di dalam rumah. Simpan dengan rapi dan bersih obat-obat ini di dalam lemari obat. Isi dari lemari ini adalah obat sakit kepala, obat penurun demam, obat diare dan obat maag. Obat-obatan ini merupakan obat untuk sakit yang biasa dialami pada anggota keluarga. Sediakan juga balsam dan minyak gosok pada lemari obat.

  1. Timbangan Berat Badan

Berat badan menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Jika berat badan seseorang tidak normal tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu pastikan berat badan keluarga anda terjaga dengan menyediakan timbangan berat badan. Timbang berat bada setiap anggota keluarga secara berkala. Hal ini juga sangat penting dilakukan bagi anggota keluarga yang melakukan program diet. Kenaikan berat badan sedikit saja dapat berpengaruh pada kesehatan mereka yang sedang diet ketat. Selain itu rajin menimbang berat badan juga bagus untuk mengontrol jumlah lemak yang ada dalam tubuh.

  1. Alat Pengukur Gula Darah

Bagi keluarga yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya selalu menyediakan alat ini. Alat pengukur gula darah berguna mengontrol kadar gula darah. Sehingga ketika kadar gula darah tinggi anda langsung bisa memberi tindakan. Anda bisa langsung pergi ke dokter untuk meminta solusi. Kadar gula darah yang sangat tinggi dapat memicu diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang wajib dihindari sejak dini, terutama bagi keluarga anda.

admin